Impact of Complex Hierarchy on Financial Consolidation Process
DivaSystem is The Number 1 Financial Consolidation Solution in Japan

Konsolidasi keuangan adalah proses menggabungkan informasi keuangan dari beberapa unit bisnis atau anak perusahaan menjadi satu laporan keuangan yang komprehensif. Hierarki yang kompleks dapat mengacu pada struktur organisasi multi-level yang besar dengan banyak unit bisnis, anak perusahaan, dan/atau divisi yang berbeda.

Dampak dari hirarki yang kompleks pada proses konsolidasi keuangan dapat menjadi signifikan. Berikut adalah beberapa hal di mana hierarki yang kompleks dapat memengaruhi konsolidasi keuangan:

  1. Kompleksitas yang meningkat: Hierarki yang kompleks dapat membuat proses konsolidasi keuangan menjadi lebih kompleks dan memakan waktu. Dengan banyaknya unit bisnis atau anak perusahaan yang berbeda, mungkin ada sejumlah besar data yang harus dikumpulkan dan dikonsolidasikan, dan dapat menjadi tantangan untuk memastikan bahwa semua data akurat dan konsisten.
  2. Lebih banyak potensi kesalahan: Dengan hierarki yang kompleks, mungkin ada lebih banyak potensi kesalahan dalam data keuangan. Misalnya, unit bisnis yang berbeda mungkin menggunakan metode akuntansi yang berbeda atau mungkin memiliki interpretasi standar akuntansi yang berbeda. Hal ini dapat mempersulit untuk memastikan bahwa semua data keuangan akurat dan konsisten.
  3. Kebutuhan akan transparansi yang lebih besar: Hierarki yang kompleks mungkin memerlukan transparansi yang lebih besar dalam proses konsolidasi keuangan. Dengan banyaknya unit bisnis atau anak perusahaan yang berbeda, mungkin terdapat kebutuhan yang lebih besar akan komunikasi dan dokumentasi yang jelas dari proses konsolidasi keuangan untuk memastikan bahwa semua pemangku kepentingan memahami bagaimana laporan keuangan disusun.
  4. Meningkatnya kebutuhan akan teknologi: Hierarki yang kompleks mungkin memerlukan penggunaan teknologi yang lebih besar untuk mendukung proses konsolidasi keuangan. Misalnya, mungkin perlu menggunakan perangkat lunak keuangan khusus untuk mengotomatiskan pengumpulan dan konsolidasi data, atau menggunakan alat visualisasi data untuk membantu pemangku kepentingan memahami informasi keuangan.

Secara keseluruhan, hierarki yang kompleks dapat membuat proses konsolidasi keuangan menjadi lebih menantang, namun dengan proses dan teknologi yang tepat, masih mungkin untuk mencapai laporan keuangan yang akurat dan transparan. Penting bagi organisasi dengan hierarki yang kompleks untuk berinvestasi dalam teknologi dan sumber daya yang sesuai untuk mendukung proses konsolidasi keuangan mereka.

DivaSystem menangani proses Complex Hierarchy dengan menetapkan scope atau cakupan dari setiap entitas seperti yang digambarkan sebagai berikut,

Tidak ada teks alternatif tersedia untuk gambar ini

Consolidation Scope Master adalah daftar grup konsolidasi dalam sebuah organisasi. Master ini untuk menentukan nama ruang lingkup konsolidasi dan perusahaan induk untuk masing-masing. Untuk informasi yang berkaitan dengan setiap ruang lingkup konsolidasi selain ini, seperti daftar anak perusahaan dan periode akuisisi masing-masing.

Free Konsultasi dengan Tim DivaSystem, Ceritakanlah detail kendala konsolidasi yang Anda hadapi dan Fitur-fitur apa yang Anda butuhkan kepada konsultan kami. Temukan Solusi Otomatisasi Konsolidasi Laporan Keuangan dengan meninggalkan nomor handphone yang dapat dihubungi (apabila terhubung dengan akan Whatsapp lebih baik) dengan membalas email ini atau menghubungi langsung nomor yang tertera di akhir email ini. Konsultan terbaik DivaSystem akan menanggapi dan membantu Anda dalam waktu 24 jam.

 

Visit our Social Media:

Linkedin https://www.linkedin.com/company/sazanka-henig/

Instagram https://www.instagram.com/divasystem.idn/

Youtube https://www.youtube.com/channel/UCZtOxHeAkvSw5H28usquH1Q

 


Your Faithfully


Augustinus Assistantya Suryaputra SE, S.Kom., CNLP.

Business Consultant

business@sazankahenig.com

0812-9179-0957

 PT Sazanka Henig Solusi

Tags
Archive
Sign in to leave a comment



Training Footage - PSAK 73 Automation
LEASEE & RPA - UI Path